Informasi Umum
Last updated
Last updated
Sistem Informasi Perencanaan (SIRENA) merupakan sistem informasi yang berfungsi untuk memudahkan Bagian Perencanaan Pusat untuk menghimpun usulan rencana program dan anggaran dari unit kerja. Proses penyusunan program dan anggaran dimulai dari penyusunan rencana kerja masing - masing unit kerja. Rencana kerja ini yang diinput dalam sistem untuk kemudian diolah dan dikompilasi menjadi kerangka kertas kerja RKAKL (Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga). Kerangka kertas kerja inilah yang kemudian diinput dalam aplikasi SAKTI (Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi). Dengan adanya sistem perencanaan ini proses penyusunan awal RKAKL dan proses revisi anggaran menjadi lebih mudah dan terstruktur.
SIRENA merupakan SI yang menerapkan sistem tertutup, artinya hanya pengguna yang memiliki akses saja yang dapat menggunakan SI ini. Untuk mengakses SI ini dapat melalui laman portal utama di alamat kemudian klik pada menu SIRENA seperti pada gambar berikut:
Sehingga akan muncul halaman login dengan cara memasukkan email dan password yang telah terdaftar di SI seperti pada gambar berikut:
Silahkan masukkan email dan password yang terdaftar, kemudian klik tombol Masuk. Selanjutnya akan diarahkan ke halaman dashboard pengguna.
Setiap pengguna akan memiliki role atau kewenangan masing-masing. Sehingga pada halaman dashboard pengguna akan menampilkan menu sesuai dengan kewenangan pengguna tersebut. Contoh halaman dashboard pengguna dapat di lihat pada gambar dibawah ini.
Di halaman utama dashboard terdapat menu ringkasan anggaran tahun berjalan, penggunaan anggaran tahunan, penggunaan anggaran bulanan, serta pendapatan per pegawai dan pendapatan pegawai setiap bulan.